Disbud Sleman adakan Lomba Macapat Tingkat SD/MI

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan lomba Macapat Tingkat SD/MI Tahun 2019. Dalam pelaksanaannya lomba macapat ini Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Paguyuban Macapat Sekar Manunggal Sleman Sembada yang diketuai oleh Drs. HM. Panggih Hadi Marwanto. 

Lomba ini terbuka bagi semua siswa tingkatan SD/MI di Kabupaten Sleman. Pendaftaran dilakukan mulai 5 Agustus – 3 September 2019 pada jam kerja. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya, S.Sn.

Edy menambahkan bahwa tujuan lomba macapat tersebut adalah sebagai upaya pelestarian dan pengembangan seni macapat agar tetap eksis di kalangan masyarakat Sleman, menangkal derasnya pengaruh negatif arus globalisasi, menggali potensi dan mendorong tumbuh kembangnya seni macapat di kalangan masyarakat khususnya di tingkatan SD/MI serta sebagai wahana aktivitas dan kreativitas siswa untuk menambah kemampuan dalam penampilannya.

Sementara itu Kepala Bidang Peninggalan Budaya dan Nilai Tradisi (PBNT) Drs. Sumarjana menambahkan bahwa peserta lomba dibatasi untuk 60 (enampuluh) siswa pendaftar pertama. Untuk itu diharapkan agar siswa-siswa yang berminat untuk segera mendaftarkan di Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman pada jam kerja hingga batas akhir 3 September 2019. 

"Apabila sudah mencapai 60 (enam puluh) pendaftar maka pendaftaran secara otomatis akan ditutup sebelum batas akhir tersebut. Masing-masing pendaftar harus membawa rekomendasi dari sekolah, saat pelaksanaan lomba harus mengenakan busana Jawa Gagrak Ngayogyakarta dan membawakan tembang wajib Mijil Raramanglung Pelog Bem dan tembang pilihan Pocung Paseban Slendro Sanga, Gambuh Panglipur Slendro Sanga, Maskumambang Buminata Slendro Sanga."

Selanjutnya ke 60 pendaftar pertama akan diundang dalam pertemuan teknik pada hari Selasa 3 September 2019 Jam 13.00 WIB di Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman untuk memperoleh penjelasan secara detail terkait aturan main pelaksanaan lomba. Sedangkan untuk pelaksanaan lomba macapat tersebut akan diselenggarakan pada hari Kamis 9 September 2019 mulai jam 09.00 hingga selesai di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman. Pemenang lomba macapat tersebut akan memperoleh hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. (*)

BERITA REKOMENDASI