Disdukcapil Sleman Cetak 79.591 KIA

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman sudah mencetak 79.591 Kartu Identitas Anak (KIA). Sedangkan potensi kepemilikan KIA di Kabupaten Sleman sebanyak 260 ribu. Bagi masyarakat yang ingin mencetak KIA diimbau mengurus sendiri dan tidak dikenakan biaya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat SH MSi menjelaskan KIA ini diperuntukkan bagi anak 0 bulan hingga 17 tahun. KIA ini untuk pengganti identitas anak sebelum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat dewasa nanti.

“KIA ini sebagai pemenuhan hak untuk memenuhi kebutuhan identitas anak. Tapi KIA ini tidak wajib dimiliki setiap anak, tidak seperti KTP,” terang Jazim.

Dikatakan, potensi kepemilikan KTA di Sleman ini sekitar 260 ribu. Sementara sampai saat ini, KIA yang telah diterbitkan sejak November 2017 hingga Desember 2018 sebanyak 79.591.

“Jika dibandingkan dengan potensi kepemilikan memang masih banyak yang memiliki KIA. Saat program ini diluncurkan, masyarakat yang mengajukan cukup banyak, tapi sekarang relatif stabil,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang ingin mencari KIA sebaiknya mengurus sendiri ke Disdukcapil dengan membawa akte anak, KTP orang tua dan foto 4×6 bagi anak yang usianya di atas 5 tahun. Mengingat pengurusan KIA secara kolektif bukan program dari dinas.

“Memang kemarin banyak pengurusan secara kolektif, tapi itu bukan program dari dinas. Kalau mau mengajukan, mengurus sendiri dan tidak dipungut biaya. Jika persyaratan lengkap, 3 hari sudah jadi,” tambahnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI