Disperindag Sleman Luncurkan Aplikasi ‘Cari Aku’

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebagai upaya mewujudkan visi misi Bupati Sleman yakni Smart Regency pada 2021 dengan penerapan aplikasi yang memudahkan masyarakat, Disperindag Sleman meluncurkan aplikasi terbarunya. Aplikasi Satu Data dan Cari Aku ini untuk mengakses informasi UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sleman dengan berbagai kategori dari masing – masing bidang hingga tahun terbentuknya UMKM tersebut.

"Melalui aplikasi Satu Data ini, Disperindag Sleman dapat memantau perkembangan UMKM yang ada," ujar Kepala Disperindag Sleman Tri Endah Yitnani.

Sedangkan melalui aplikasi 'Cari Aku' yang dapat diunduh melalui smartphone, diperuntukkan wisatawan yang ingin memperoleh informasi lokasi UMKM yang ingin dicari. Adapun kategori UMKM yang terdapat dalam pencarian aplikasi tersebut yakni, makanan, fashion, kerajinan, dan furnitur.

"Misal wisatawan ingin membeli kain batik dan oleh-oleh khas Sleman di sekitaran bandara, akan muncul beberapa UMKM yang dekat dengan lokasi di map," jelas Endah.

Terkait aplikasi ini, Wakil Bupati Sri Muslimatun memberikan apresiasinya atas paparan dan terobosan yang telah dilakukan Disperindag Sleman untuk mewujudkan Smart Regency pada tahun 2021. "Kita memiliki aplikasi yang sangat berguna, saya harap aplikasi ini terus dikaji dan diterapkan di seluruh OPD. Harapannya tentu untuk memberikan pelayanan yang efisien dan efektif untuk masyarakat, serta untuk para OPD dapat mempermudah dalam hal ketugasan," katanya. (Has)

BERITA REKOMENDASI