Ditetapkan, Calon Kades Siap Bertarung

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penetapan calon kepala desa yang akan berlaga dalam Pilkades bulan Maret mendatang telah dilakukan. Namun bagi desa yang calonnya kurang dari dua orang, akan dilakukan pembukaan pendaftaran kembali oleh panitia desa.

Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sleman Agung Endarto menjelaskan, setelah penutupan pendaftaran, panitia desa melakukan penetapan bakal calon kepala desa. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas administrasi para bakal calon kepala desa.

“Pemeriksaan berkas bakal calon kepala desa sudah selesai dilakukan oleh panitia desa. Kemudian dilaksanakan penetapan calon kades,” jelas Agung kepada KR di Sleman, Minggu (23/2/2020).

Bagi desa yang nantinya setelah pemeriksaan berkas ternyata hanya tinggal satu orang yang lolos, panitia desa akan membuka pendaftaran kembali selama tujuh hari. Sedangkan bagi desa yang calonnya lebih dari lima orang, nanti akan diadakan seleksi tambahan.

“Secara aturan, minimal dua calon dan maksimal 5 calon. Bagi desa yang calonnya lebih dari lima orang, nanti akan ada seleksi tambahan untuk memilih lima besar,” terangnya.

Dikatakan Agung, untuk seleksi tambahan itu materinya usia, masa pengabdian dan pendidikan akan memiliki bobot nilai 60 persen. Sedangkan untuk ujian tertulis akan memiliki bobot nilai 40 persen.
“Ujian tertulis kami bekerja sama dengan UNY. Materi ujian tertulis terdiri dari pengetahuan umum dan pemerintahan. Nanti yang mengoreksi dan menilai dari UNY. Kemudian hasil nilai ujian tertulis akan digabung dengan bobot nilai usia, pendidikan dan masa pengabdian,” paparnya.(Sni)

BERITA TERKAIT