Ditreskrimsus Polda DIY, Siap Wujudkan Birokrasi Bersih dan Melayani

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Asrena Mabes Polri dipimpin AKBP Jumadi dan Iptu Antonio melakukan kunjungan ke Ditreskrimsus Polda DIY, belum lama ini. Kunjungan dalam rangka zona integritas (ZI) wilayah bebas korupsi (WBK) menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Roedy Yoelianto SIK, Sabtu (19/09/2020) memaparkan, Ditreskrimsus Polda DIY telah ditetapkan sebagai Satker dengan predikat ZI WBK oleh Kemenpan RB pada Desember 2018. Polda DIY patut bangga, karena predikat ini yang pertama kali diberikan kepada Satker Reserse di seluruh Indonesia.

“Pemberian predikat itu tidak terlepas dari empat poin penting yaitu komitmen, konsistensi, role model dan inovasi. Komitmen ini juga didukung oleh Kejati, KPW OJK dan Ombudsman DIY,” kata Kombes Roedy dalam rilisnya.

Dikatakan, inovasi pelayanan Ditreskrimsus menitikberatkan pada kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Diantaranya, pelayanan bagi difabel, tuna wicara dan tuna rungu dengan ruangan yang mudah diakses dan nyaman.

Sumber daya manusia yang memberikan pelayanan, juga dibekali kemampuan berkomunikasi melalui pelatihan-pelatihan. Selain itu, jajarannya juga mendukung keterbukaan informasi publik, seperti alur penyidikan dan serapan anggaran juga terpasang di sudut ruangan.

Dalam hal penyidikan, juga telah dilakukan secara online yakni pada tahap 2 dan hal ini juga sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru. “Semua pelayanan Ditreskrimsus Polda DIY juga sudah menerapkan protokol kesehatan. Kini telah disediakan fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer, masker, sarung tangan dan face shield,” pungkasnya. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI