DIY Juara Umum Peksiminas 2018

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2018 tiba pada titik akhir Sabtu (20/10/2018). Awarding para juara secara resmi ajang dua tahunan tersebut dilakukan di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dengan pengumuman pemenang dan juara umum.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof Intan Ahmad mengungkap bahwa ajang Peksiminas merupakan hal penting untuk dikedepankan. Meski saat ini dunia tengah disibukkan dengan alur industri 4.0 yang serba cepat namun begitu, seni tetap memegang peran penting dalam peradaban manusia.

“Seni, tetap penting untuk dikedepankan dalam era saat ini, kalau kita tidak mau hanya jadi robot saja. Ajang Peksiminas ini sangat penting karena selain mencari juara namun ada kebersamaan yang terasa selama lima hari ini. Kami berharap kelak para mahasiswa yang jadi pemimpin bangsa bisa merasakan betul makna keberagaman yang menguatkan,” ungkapnya.

Sementara dalam pengumuman juara yang dilangsungkan di depan para peserta dan perwakilan universitas tersebut diputuskan tuan rumah DIY keluar sebagai juara umum pertama Peksiminas 2018. Raihan tersebut diikuti Jawa Timur sebagai juara umum kedua dan Jawa Tengah sebagai juara ketiga.

Kontingen DIY yang berasal dari berbagai kampus tersebut mendominasi 21 kategori perlombaan yang dipertandingkan selama lima hari kebelakang. Terkait keputusan tuan rumah Peksiminas 2020 ada tiga kandidat yakni Papua Barat, Jawa Barat dan Sumatera Barat yang nantinya akan diputuskan kemudian hari. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI