‘Dolan Kebon’ Ajak 350 Pegowes Blusukan 110 Kilometer Jalur Gravel di Yogyakarta

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Olahraga bersepeda kini masih menjadi pilihan banyak penghobi di Indonesia, baik itu Roadbike, Mountain Bike ataupun Sepeda Lipat. Namun belakangan, muncul satu lini baru yakni Gravel yang ternyata mendapat tempat di hati para penggemar olahraga bersepeda.

Di Yogyakarta, salah satu brand apparel sepeda Avelio bersama beberapa komunitas gravel menginisiasi sebuah event bertajuk Avelio Dolan Kebon yang akan digelar 6 Agustus mendatang. Menarik, event bersepeda gravel untuk penghobi ini menawarkan rute fondo 110 kilometer melintasi sudut-sudut menarik Yogyakarta yang jarang terekspose.

Septyadi Pityanta, founder Avelio Dolan Kebon mengatakan event perdana fondo gravel di DIY ini akan melewati jalur di Sleman bagian timur, utara dan barat. 70 persen jalur unpaved dan 30 persen road akan menjadi tantangan tersendiri bagi 350 peserta yang akan hadir.

“Ini event perdana gravel fondo di Yogyakarta, di mana kami estimasikan peserta berjumlah 350 orang dari DIY dan beberapa wilayah lain seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Total rute 110 kilometer dengan elevasi 1000 meter, start dan finish di Youth Center Sleman,” ungkap Septiadi saat sesi bincang media di Agoge Coffee.

Dolan Kebon sendiri memiliki makna menarik yakni membawa kembali peserta ke alam, mengeksplore rute-rute ‘blusukan’ bukan di jalan biasa. Dolan berarti bermain, sementara kebon memiliki makna kebun yang identik dengan alam di belakang rumah.

Menarik memang, pada event ini peserta akan bersepeda tanpa Road Captain (RC) namun dengan jalur yang sudah ditentukan. Mereka diberi waktu sembilan jam untuk sampai ke finish yang lokasinya juga berada di Youth Center, Sleman.

“Kami ingin mengajak peserta untuk bermain di alam, memacu sepeda gravelnya melintasi  tanah, lumpur, jalan yang tidak beraspal. Tidak mengejar siapa yang paling cepat tiba di finish, tapi keseruan melintasi 100 kilometer rute dengan landscape yang sangat menarik. Kita akan start dari pukul  05.00 – 06.00 WIB, dengan COT (Cut of Time) Sembilan jam,” sambungnya.

Event perdana Avelio Dolan Kebon, selain memuaskan dahaga penghobi gravel diharapkan pula menjadi salah satu daya tarik wisata minat khusus di DIY. Apalagi, kini olahraga sepeda gravel semakin banyak diminati para penghobi.

“Peserta ini seluruhnya adalah enthusias, penghobi yang ingin menikmati suasana bersepeda beda di Jogja. Rutenya sangat asyik, tidak adu cepat tapi bagaimana kita lebih menyatu dengan alam, happy di sepanjang rute, berbagi senyum ke masyarakat yang kita lewati dan merasakan menjadi manusia yang seutuhnya,” lanjut Septyadi.

BERITA REKOMENDASI