Donoharjo Terima Dana Desa Rp 800 Juta

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa Donoharjo Ngaglik Sleman pada tahun 2018 mendapat Dana Desa sebesar Rp 800 juta. Dari jumlah itu, sebesar Rp 23,7 juta dialokasikan untuk mewujudkan Desa Ramah Anak.

"Tahun ini, dana desanya naik menjadi Rp 1,060 miliar. Kami tetap akan alokasikan Rp 24,7 juta untuk mewujudkan Desa Ramah Anak," ujar Kades Donoharjo, Hadi Rintoko.

Baginya, alokasi dana itu penting agar anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Diharapkan, kedepannya bisa menjadi anak soleh serta pemimpin bangsa. Untuk itulah butuh peran serta dari pemerintah desa dengan menggerakkan forum anak.

Terpisah, Kasi Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sleman, Sumarni, mengatakan anak-anak kini harus terus dikembangkan wawasannya.

"Dari forum anak itu sendiri bisa jadi wadah untuk mengeluarkan pendapat dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Tak hanya itu saja, forum anak juga bisa dilibatkan dalam penyusunan perencanaan. Seperti musrenbang baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten," harapnya.

Lebih jauh, Sumarni menjelaskan mengenai tugas dan fungsi forum anak. Yakni sebagai pelopor dan pelapor. Untuk pelopor sendiri ialah semua kegiatan positif seperti tidak merokok, tidak menikah dini dan anti kekerasan. Sedang pelapor yaitu melaporkan hal-hal yang tidak sesuai dengan pemenuhan hak anak ke Dinas P3AP2KB Sleman. (Adk)

BERITA REKOMENDASI