Dorong Penetrasi Produk UMKM di Marketplace, Dinpar Sleman Gelar Tips Praktis Fotografi 

Editor: Ary B Prass

FGD kali ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi oleh Sigit Haryoseno seorang story telling, penulis sekaligus MC. Om Imot sapaan akrab Sigit Haryoseno mengusung tentang story telling atau bagaimana menjadikan suatu media sosial sebagai sesuatu yang menarik dan bisa sebagai tempat untuk mempromosikan produk UMKM melalui suatu cerita.

Om Imot menjelaskan ketika kita akan mempromosikan suatu produk atau menjual produk kita di media sosial, hendaklah media sosial tersebut dibuat semenarik mungkin.

“Itulah pentingnya story telling. Mengapa harus sebuah cerita? karena cerita adalah cara yang paling kuat untuk memasukan pesan ke pikiran orang,”ujarnya.

Sigit menambahkan jangan sampai  masyarakat atau follower kita merasa bosan dan akhirnya penyampaian tidak tersampaikan dan ditinggalkan.

“Berjualan tidak harus melulu memasang foto suatu produk. Kita bisa menyisipkan suatu cerita atau tips menarik lainnya yang berhubungan dengan produk yang akan kita jual. Misal ketika kita menjual alat-alat bengkel, maka sebaiknya di feed Instagram tersebut memuat tentang tips-tips yang berhubungan dengan kendaraan atau mesin,”jelasnya.

Sigit juga memberikan tips, “Untuk berjualan alangkah baiknya kita taruh di story atau di highlight sedangkan feed kita bersih dari jualan atau promosi namun masih diperbolehkan sesekali. Sehingga  orang akan lebih tertarik untuk mengikuti Instagram kita tersebut.”

“Lebih penting lagi kita harus membedakan media sosial untuk pribadi dan untuk berjualan. Jangan sampai media sosial pribadi dipakai untuk berjualan,”jelasnya.

Sigit juga menjelaskan agar kita dituntut untuk mengikuti perkembangan dunia digital atau yang menjadi trend saat ini, misal yang baru ngetrend saat ini adalah fitur Reels, maka kita harus menggunakan fitur tersebut. Karena  insight viewer di Reels jauh lebih banyak dibanding dengan follower yang kita punya.

Dunia media sosial layaknya kehidupan kita sehari-hari, harus pintar bersosialisasi, penting apabila  akun kita dikenal dan disukai, kemudian dipercaya.

 

BERITA REKOMENDASI