DPK Sleman Beri Penghargaan Anugerah Pustaka Sembada

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman memberikan penghargaan Anugerah Pustaka Sembada pada Gemilang Perpustakaan, Kamis (22/8). Hal ini sebagai bentuk apresiasi dari DPK kepada penggerak literasi. Baik instansi pendidikan seperti sekolah, instansi pemerintah di desa hingga kelompok masyarakat.

Anugerah ini juga diberikan kepada pelajar yang beberapa waktu ikut dalam lomba menulis untuk jenjang SMP/sederajat dan lomba minat baca bagi pelajar SD/sederajat. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Aula Monumen Jogja Kembali, Sleman.

Gemilang Perpustakaan ini menurut Kepala DPK Sleman AA Ayu Laksmidewi diharapkan mampu membangun kesadaran kepada pejabat, tokoh masyarakat dan masyarakat terhadap perpustakaan. Baik melalui program promosi yang informatif, komunikatif dan bersifat popular edukatif serta dalam rangka penyebaran informasi lebih luas atas keberadaan dan arti penting perpustakaan bagi masyarakat.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami. Selain itu juga bentuk penyemangat terhadap masyarakat, terutama yang selama ini bergelut di dunia literasi. Tentunya untuk mewujudkan Sleman smart regency yang memang harus ada kemampuan literasi yang memadai," unkapnya.

Selain bentuk apresiasi, penghargaan ini menurut Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun juga bisa dijadikan tempat evaluasi. Sejauh apa literasi di Sleman sekarang ini. Karena membaca menurut Wabup harus bisa menjadi budaya dan itu tidak bisa instans. Melainkan membutuhkan proses yang tidak sebentar.

"Bahkan sejak dari dalam kandungan sudah dikenalkan dengan membaca. Contohnya tadi yang bercerita. Tidak sebatas cerita saja, tapi intonasinya dan sangat ekspresif. Saya sangat menikmatinya. Bercerita tentang sejarah tapi dengan cara yang beda, namun tetap menarik," ungkap Wabup. (Awh)

 

BERITA REKOMENDASI