DPUP Sleman Bangun Drainase 7,54 KM

SLEMAN (KRjogja.com) – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Kabupaten Sleman memulai pengerjaan drainase dan saluran irigasi baru. Tahun ini total yang dikerjakan sepanjang 7,54 kilometer yang tersebar di 42 titik seluruh kecamatan.

Proyek tersebut masuk dalam 11 paket dengan total anggaran mencapai Rp 15,4 miliar. Dari 42 titik, hanya satu yang merupakan saluran lama. Berupa pemasangan plat penutup di Jalan Glonding-Tegalrejo Tirtomartani Kalasan sepanjang 17 meter. Sedangkan sisanya adalah drainase baru dengan panjang pengerjaan berbeda-beda. Pengerjaan terpanjang berada di Kompleks Perumahan Pertamina Kalasan yang mencapai 500 meter. Lalu Jalan Ngapak-Minggir tepatnya depan Balai Desa Sendangagung Minggir sepanjang 341 meter2 dan Samirono Kecamatan Depok sepanjang 290 meter.

Kepala Seksi Drainase Bidang Ciptakarya DPUP Sleman, Zaini Anwar menuturkan mengatakan hal tersebut saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (31/8). Pengerjaan drainase ini guna mencegah banjir karena fungsinya sebagai pembuangan air hujan. Beda dengan saluran air untuk irigasi yang biasanya berkaitan dengan pertahian.

"Drainase ini untuk mematus atau membuang air hujan. Untuk selanjutnya dibuang ke sungai. Mengenai lokasi kebanyakan permintaan dari masyarakat. Namun ada juga yang memang usulan langsung dari kami," katanya.

Mengenai usulan dari masyarakat, biasanya sudah masuk dalam Pagu Indikatif Kecamatan (PIK). Untuk itu mendapatkan prioritas dari DPUP. Meski demikian, tim tetap melakukan verifikasi lapangan. Petugas mengecek kondisi yang diajukan. (Awh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI