DTN439 Polda DIY Buat Pojok Baca dan Bermain

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Keluarga besar Danadyaksa Tara Nagara (DTN439) Polda DIY mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pembuatan pojok baca dan pojok bermain untuk anak usia dini di PAUD Pisang Nusantara, Plosorejo Umbulharjo Cangkringan Sleman, Sabtu (29/12/2018). Kegiatan ini dalam rangka mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak usia dini dan anak sekolah dalam meningkatkan kemauan membaca.

Koordinator kegiatan Bripda Anton Dharmawan mengatakan, minat baca anak usia dini di masa kini banyak terenggut dengan kecanggihan teknologi gadget dan sebagainya. Untuk mencegah itu, pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas Kemdikbud, telah meluncurkan program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku atau disingkat 'Gernas Baku'.

"Melalui Gernas Baku serta pembuatan pojok baca dan bermain, diharapkan dapat terwujud pembiasaan yang baik di lingkungan keluarga yang akan mendorong tumbuhnya minat baca anak sejak dini. Selain itu, kebiasaan ini dapat mempererat hubungan emosional antara anak dengan orangtuanya," ujar Anton disela kegiatan.

Menurut Anton, Gernas Baku ditujukan untuk anak usia dini dalam rangka mendukung pengembangan kemampuan literasi anak melalui peran orangtua. Gernas Baku juga untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di Satuan PAUD dan di masyarakat. "Sasaran Gernas Baku adalah orangtua, warga sekolah dan masyarakat. Gernas Baku dapat dilakukan di berbagai tempat seperti satuan PAUD, rumah dan komunitas," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI