Dua Rute Angkutan Antarmoda YIA Lewati Sleman

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI bekerja sama dengan DAMRI meluncurkan Angkutan Antarmoda Yogyakarta International Airport (YIA) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di Sleman City Hall, Kamis (30/1). Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang juga hadir pada acara tersebut menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas diluncurkannya Angkutan Antarmoda YIA dan KSPN.

“Dengan adanya angkutan ini maka masyarakat Sleman akan lebih mudah dan lebih cepat jika ingin ke bandara YIA”.

Sebab, menurutnya jarak bandara baru kebanggaan warga Yogyakarta tersebut memang cukup jauh dari wilayah Kabupaten Sleman pada umumnya. Maka dengan hadirnya moda transportasi yang telah diluncurkan tersebut diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin pergi menuju bandara YIA.

“Ini juga diharapkan bisa menjadi solusi kemacetan”, ucap Sri Purnomo.

Hadir pula pada acara tersebut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiadi. Ia menuturkan ada dua rute yang akan melewati Kabupaten Sleman. Rute pertama yakni SCH (Sleman City Hall) – Komplek Pemkab Sleman – Terminal Jombor – YIA, dan rute kedua YIA – Ambarketawang – Wirobrajan – Universitas Gajah Mada – Jl. Affandi – Hartono Mall.

“Angkutan Antarmoda ini bisa digunakan mulai Februari ini,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, ada tiga rute lagi yang merupakan rute KSPN Borobudur yang akan menghubungkan YIA dengan candi Budha terbesar di Indonesia tersebut. Rute pertama yakni YIA – Tebing Gunung Gajah – Goa Kiskendo – Plono – Samigaluh – Jl. Nanggulan – Mendut – Candi Borobudur (Via Bukit Menoreh). Sedangkan rute kedua YIA – Wates – Nanggulan – Dekso – Candi Borobudur, dan rute ketiga yaitu Candi Borobudur – Terminal Muntilan – Terminal Jombor – Grand Inna Malioboro.

“Tarifnya kita subsidi selama satu tahun dengan nilai subsidi 9 Milyar. Penumpang cukup membayar antara 21 sampai 25 ribu rupiah saja,” kata Budi.

Dikatakan pula bahwa nantinya akan ada sebanyak 11 mobil angkutan yang akan beroperasi dengan kapasitas 10 sampai 20 penumpang”, jelasnya. 

 

BERITA REKOMENDASI