Dua Siswi SMP Muhammadiyah 2 Minggir Maju Tingkat Nasional

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ummu Haritsah dan Puji Winarsih, siswi SMP Muhammadiyah 2 Minggir Sleman baru saja meraih medali emas Olimpiade Ahmad Dahlan (Olimpicad) 2019. Atas prestasi tersebut kedua siswi ini berhak mewakili DIY maju dalam ajang kejuaraan antar sekolah Muhammadiyah tersebut untuk tingkat nasional.

Ummu Haritsah berhasil keluar sebagai pemenang pada kategori Ismu in Arabic, sedangkan Puji Winarsi menjadi yang terbaik dalam cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Keduanya berhak membawa pulang masing-masing medali emas untuk SMP Muhammadiyah 2 Minggir Sleman.

Ummu Haritsah dan Puji Winarsi yang merupakan teman dekat ini menceritakan kisah suksesnya berprestasi di Olimpicade. Diungkapkannya dari seleksi mulai dari tingkat sekolah, kabupaten hingga provinsi semua dijalaninya bersama.

Walau beda cabang diikuti, namun kedua siswi ini tetap saling mendukung untuk bersama untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah. “Saya bersama siswa yang lain terus mempersiapkan diri untuk ajang ini. Berdoa dan berusaha terus saya lakukan untuk mendapat yang terbaik,” kata Ummu Haritsah pelajar asli Purwokerto Jawa Tengah (Jateng) tersebut, Selasa (08/01/2019).

Berbeda dengan Ummu Haritsah, Puji Winarsi justru sempat minder ketika mengetahui calon lawan-lawan yang bakal dihadapinya dalam Olimpicad merupakan pelajar-pelajar dari sekolah Muhammadiyah favorit. Namun remaja kelahiran Magelang Jateng ini tetap optimis ilmu yang diperolehnya selama ini akan mampu menjawab semua tantangan itu.

“Hal itu justru jadi motivasi tersendiri bahwa saya harus bisa mengalahkan peserta-peserta lain. Ini semua tak lepas dari dukungan para guru dan teman-teman sekolah, juga tak ketinggalan orang tua,” jelasnya.

Sejak dari penyisihan tingkat sekolah, baik Ummu Haritsah dan Puji Winarsih memang nampak menonjol. Kecemerlangan dua siswi kelas VIII ini terus berlanjut setelah menjadi yang terbaik dalam Olimipicad tingkat kabupaten, hingga akhirnya menjuarai tingkat provinsi dalam kejuaraan yang digelar di SMP Muhammadiyah II Yogyakarta, Sabtu (05/12/2018) lalu tersebut.

Kesuksesan Ummu Haritsah dan Puji Winarsih ini membawa keduanya untuk melaju dalam ajang Olimpicad tingkat nasional yang akan berlangsung di Semarang beberapa bulan lagi. Keduanya pun optimis akan kembali mendulang medali dan mengharumkan nama baik SMP Muhammadiyah 2 Minggir.

Sementara itu Kepala SMP Muhammadiyah 2 Minggir, Sri Mariani MPd mengaku bangga dengan torehan yang diberikan dua siswinya tersebut. Keberhasilan itu tak begitu mengherankan bagi Sri Mariani lantaran Ummu Haritsah dan Puji Winarsih selama ini memang jadi andalan SMP Muhammadiyah 2 Minggir di tiap ajang kejuaraan.

“Potensi yang ada dalam diri siswa selalu kami gali dan kembangkan guna prestasi siswa itu sendiri. Bila kemudian prestasi itu akhirnya juga membawa nama baik bagi sekolah, tentunya itu suatu anugrah yang besar bagi kami,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI