Dukung Pemerintah, UGM Tegaskan Kontribusi Penanganan Pandemi Covid

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rektor UGM, Prof Panut Mulyono menyampaikan pernyataan sikap UGM terkait penguatan solidaritas dan ke-gotong-royong-an menghadapi Covid-19, Jumat (23/7/2021). Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap situasi Covid-19 yang masih berlangsung, serta berbagai kebijakan Pemerintah Pusat dalam penanganan pandemi dan “Sapa Aruh dan Maklumat Rakyat” yang disampaikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Panut mengungkapkan, sebagai wujud komitmen UGM telah melakukan berbagai upaya mendukung penanganan pandemi, di antaranya melalui penguatan Rumah Sakit Akademik UGM dan RSUP Dr Sardjito, penyediaan pasokan oksigen, pelipatgandaan kemampuan laboratorium, pengoperasian selter isolasi bagi warga UGM dan masyarakat luas, dan percepatan program vaksinasi. UGM menurut Panut mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengorbanan seluruh tenaga kesehatan, dokter, perawat, laboran, petugas kamar jenazah, petugas pemakaman dan petugas-petugas lainnya, yang tanpa kenal lelah merawat dan mengurus para penyintas dan korban meninggal karena Covid-19.

“UGM mendukung Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan kebijakan secara efektif, konsisten dan akuntabel untuk memastikan penurunan angka penularan dan kematian, penguatan kapasitas layanan kesehatan, percepatan vaksinasi, dan penyaluran bantuan sosial kepada kelompok terdampak. UGM terus memperkuat sikap dan tindakan solidaritas sosial dan ke-gotong-royong-an dalam menanganani situasi krisis pandemi melalui mobilisasi filantropi dan kedermawanan seluruh pihak, baik individu, komunitas, maupun pengusaha, untuk bersinergi menangani pandemi, dan meminta kepada setiap individu dan masyarakat luas untuk semakin berdisiplin dalam protokol kesehatan,” ungkap Panut.

Wakil Rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof Bambang Agus Kironoto, menambahkan saat ini Rumah Sakit Akademik (RSA) dan Gadjah Mada Medical Center terus melayani vaksinasi bagi masyarakat umum melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. UGM menyiapkan setidaknya 12 ribu vaksin bagi mahasiswa UGM, terutama bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan praktikum atau kuliah lapangan serta mahasiswa asing, juga 15 ribu vaksin bagi keluarga dosen dan tenaga kependidikan UGM.

UGM

BERITA REKOMENDASI