Dukung Pertanian, Dewan Minta Saluran Irigasi Minta Diperhatikan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Saluran irigasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan produktivitas para petani. Untuk itu DPRD Kabupaten Sleman meminta saluran irigasi yang ada di Sleman supaya diperhatikan.

Anggota DPRD Kabupaten Sleman dari Golkar Guntur Yoga Purnawan ST mengatakan, saluran irigadi di Kabupaten Sleman masih ada yang belum permanen. Hal itu membuat saluran irigasi ke lahan persawahan kurang maksimal.

“Pada saat kami melakukan penjaringan aspirasi dari masyarakat, ternyata ada keluhan dari petani tentang saluran irigasi. Ketika saluran irigasi belum permanen, air yang masuk ke sawah tidak bisa maksimal,” kata Guntur, Kamis (15/4).

Di samping, untuk saluran irigasi yang permanen, ternyata ada yang bocor sehingga air yang seharusnya masuk ke sawah justru merembes. Untuk itu, pihaknya mendorong kepada dinas terkait memperhatikan saluran irigasi.

“Kami minta kalau belum permanan, supaya ditingkatkan menjadi permanen. Sedangkan yang bocor segera diperbaiki,” ucap Wakil Ketua Komisi C DPRD Sleman ini.

Menurutnya, saluran irigasi ini sangat dibutuhkan para petani. Hal itu dikarenakan sangat menentukan terhadap hasil pertanian para petani.

“Khususnya bagi petani yang menanam padi. Ketersediaan air ini sangat dibutuhkan. Artinya, ketika pemerintah memperhatikan saluran irigasi juga sama saja memperhatikan ketahanan pangan,” tutur Guntur. (Sni)

 

BERITA REKOMENDASI