Dukung Titah Sultan HB X, Gerindra Minta Aktivitas Penambangan Dihentikan

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – DPC Partai Gerindra Sleman, Minggu (10/10/2021) menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Salah satu hasil rakercab, DPC Partai Gerindra Sleman meminta aktivitas penambangan di lereng Merapi dihentikan hingga kondisi sudah stabil. Usulan itu sebagai bentuk dukungan Partai Gerindra terhadap Titah Sultan HB X ‘Gunung Bali Gunung’. Harapannya kerusakan kawasan lereng Merapi tidak semakin parah.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Arif Priyosusanto SSi mengatakan, Partai Gerinda secara tegas mendukung Titah Sultan HB X ‘Gunung Bali Gunung’. Mengingat kerusakan Gunung Merapi sangat memprihatinkan.

“Kami sepakat untuk mendukung Titah Ngerso Ndalem yaitu gunung kembali gunung. Sabagai bentuk dukungan, kami meminta aktivitas penambangan baik legal maupun ilegal di lereng Merapi ditutup sampai kondisi Gunung Merapi stabil,” jelas Arif, di sela-sela rakercab di Hotel Prima SR.

Alasan penutupan aktivitas penambangan, lanjut Arif, tujuannya untuk mengembalikan esensi Gunung Merapi sebagai fungsinya. Diantaranya sebagai kawasan resapan air dan pelestarian lingkungan. Dengan penutupan sementara itu, diharapkan kondisi lingkungan Merapi bisa segera pulih.

“Kami tidak ingin lingkungan Merapi samakin parah. Makanya perlu adanya penataan untuk melindungi daerah kawasan resapan air. Soalnya itu menyangkut hasrat orang banyak,” tegasnya.

Di samping penutupan aktivitas penambangan di lereng Merapi, Partai Gerindra juga membahas tentang Pemilu 2024. Selain itu  juga program untuk membantu pemerintah dalam membantu pemulihan pasca pandemi covid-19.

“Rakercab ini juga bagian menyongsong Pemilu 2024 baik Pilpres, Pileg dan Pilkada. Kemudian memperkuat struktur dalam pemulihan pasca pandemi covid-19,” papar anggota Fraksi Gerindra DPRD Sleman ini.

BERITA REKOMENDASI