Dulu Pemakai, Keluar Lapas Jadi Kurir Narkoba

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Baru dua bulan keluar dari Lapas, HW (44) kembali berurusan dengan hukum. Pria paruh baya asal Salatiga itu ditangkap karena diduga sebagai pemakai sekaligus menjadi kurir narkoba.

Kasat Reserse Narkoba Polres Sleman AKP Irwan SIK didampingi KBO Iptu Farid M Noor mengatakan, tersangka ditangkap di Jalan Magelang – Semarang, belum lama ini. “Pelaku ditangkap saat akan mengantarkan narkoba kepada seseorang yang saat ini masih dalam pencarian. Ia merupakan residivis kasus narkoba, dulu masuk sebagai pengguna, saat ini dia diduga sebagai pemakai sekaligus kurir,” ungkap Irwan, Selasa (22/02/2022).

Barang bukti yang disita, berupa 46,9 gram sabu yang bernilai Rp 50-60 juta. Dengan asumsi pergram sabu bisa dikonsumsi 15 orang, disitanya 46,9 gram sabu berarti bisa menyelamatkan 700 orang dari bahaya narkoba.

Irwan menegaskan, motif tersangka adalah ekonomi yakni tergiur imbalan tiap sabu yang berhasil ia kirimkan. Meskipun tertangkap di Magelang, namun Irwan memastikan jika sabu yang dibawa tersangka akan diedarkan di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Pelaku dikenakan Pasal 114 ayat 2 dan 112 ayat 2 pasal 127 ayat 1 Undang-undang Narkotika, karena selain kurir, ia juga mengonsumsi barang haram tersebut. “Apakah pelaku terkait jaringan lapas? Masih kami pelajari karena pengakuannya, dia dikenalkan teman lapasnya kepada seseorang yang saat ini masih kami lakukan pencarian,” tandasnya.

Kasat menambahkan, penangkapan diawali adanya informasi terkait peredaran sabu di wilayah Yogya. Dari informasi itu, petugas lantas melakukan penyelidikan dan setelah cukup bukti-bukti, pelaku diamankan. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI