E-Dom, Dompet Sekaligus Tas Belanja Karya Mahasiswa UGM

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masa saat ini dunia sedang berlomba mengurangi penggunaan tas plastik yang dinilai tak ramah lingkungan karena sifatnya yang tak mudah diurai. Alhasil diciptakan berbagai macam pengganti bahan plastik untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Alasan inilah yang kemudian menginspirasi lima mahasiswa UGM yakni Aziz Askaputra, Permata Hayuningtyas, Andhika Gilang Al Afgani, Rosyida Fajarwati dan Aviva Lintang Tunjungsari untuk menciptakan dompet yang juga bisa berfungsi sebagai tas belanja. Karya yang kemudian diberinama E-Dom kependekan dari Eco Friendly Dompet ini memiliki desain dan fungsi seperti dompet pada umumnya, namun dapat berubah bentuk menjadi tas belanja apabila pemiliknya memang sedang membutuhkan. 

"Dompetnya modelnya seperti pada umunya persegi panjang dan dapat digunakan untuk menyimpan uang ataupun identitas lainnya. Tapi yang membedakan di dompet ini juga ada sebuah tas yang sengaja kita desain untuk digunakan ketika berbelanja atau membawa sesuatu. Ketika tak digunakan tinggal dilipat dan jadi dompet lagi," ungkap Aziz Aksaputra Jumat (16/6/2017). 

Untuk keamanan pengguna, dompet pada E Dom bisa dilepas kemudian dimasukkan ke dalam tas atau digenggam oleh sang pemilik. "Ada kancing atau knopnya jadi bisa dipisahkan untuk keamanan penggunannya juga," imbuh Aziz. 

Sementara untuk bahan, kelima mahasiswa ini tampaknya sudah memperhitungkan betul dan memilih yang berkualitas seperti kulit sintetis, kanvas, satin hingga prada satin dan bludru. "Kombinasi warna juga beragam apalagi bahan parasut bisa dicuci," imbuh Aviva Lintang. 

Untuk saat ini E Dom mulai diperjualbelikan secara online melalui media sosial para penciptanya. "Harapannya, sesuai tujuan awalnya bisa mengurangi penggunaan plastik untuk berbelanja sekaligus tetap tampil keren," pungkas Aviva. (Fxh)

 

UGM

BERITA REKOMENDASI