Empal Genthong Langsung Ludhes

Editor: Ivan Aditya

SEJAK sebelum Jumatan dimulai, di utara dan selatan serambi masjid ini sudah tertata rapi berbagai menu makan siang. Setelah KH Muhammad Abdullah Sonhaji mendoakan penyumbangnya,  usai Jumatan, para jemaah langsung menyerbu dan menikmati makanan yang disajikan.

Itulah suasana di Masjid Qolbun Salim Baitul Khidmat yang berlokasi di Jalan Wonosari Gandu Sendangtirto Berbah Sleman setiap Jumat.  "Setiap Jumatan kami memang menyediakan makan siang untuk para jemaah, " kata Abah Sony,  panggilan akrab KH M Abdullah Sonhaji.

"Menunya ada sayur lodeh, brongkos, pecel, empal gentong, bubur ayam, aneka snack dan buah, kopi, teh, serta air mineral," kata Hani, pengurus masjid.

Dari sekian banyak menu tersebut, empal genthong termasuk yang paling cepat ludhes. Selain itu, banyak juga yang tidak hanya menikmati satu menu, tetapi juga merasakan yang lain. Karena itu setiap Jumatan di masjid ini pulangnya selalu dalam keadaan kenyang.

Abah Sony menjelaskan, kulineran gratis ini bukan hanya diperuntukkan bagi warga sekitar, tetapi bagi siapa saja yang Jumatan di masjid ini, termasuk para musafir. Karena itu siapa saja yang lewat Jalan Wonosari, silahkan Jumatan di masjid ini, " undangnya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI