Fakultas Teknik Juara Umum LPPM Award UNY 2022

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Fakultas Teknik (FT) sukses meraih predikat juara umum untuk fakultas pada LPPM Award 2022 yang digelar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kesuksesan ini tak lepas dari keberhasilan FT merebut sejumlah juara di beberapa kategori.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY, Prof Dr Samsul Hadi MPd MT dalam kegiatan penyerahan penghargaan di Hotel UNY, Jumat (1/4/2022) mengatakan, untuk LPPM Award 2022 kali ini terdiri dari 6 kategori berbeda. “Adapun juara umum fakultas untuk LPPM Award 2022 adalah Fakultas Teknik,” terangnya.

Dari 6 kategori yakni, hak kekayaan intelektual (HKI), penelitian kompetitif yang diperoleh fakultas, pengabdian kompetitif tiap fakultas, hilirisasi penelitian untuk perorangan, publikasi artikel terindeks scopus perorangan tiap fakultas dan skor sister juara perorangan tiap fakultas, FT sukses menjadi juara di empat kategori fakultas.

Keempatnya meliputi, kategori HKI dimana FT mendapatkan juara dengan nilai 196, mengungguli

Fakultas Ilmu Pendidikan (167) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (131). Pemenang kategori HKI ini ditentukan menggunakan data yang digunakan mulai 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021.

Gelar juara kedua diraih FT pada kategori penelitian kompetitif dana DIPA dan DRPM per Fakultas, dimana FT meraih nilai 130, mengungguli Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (129) dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (107). Gelar juara lainnya di kategori pengabdian pada masyarakat kompetitif dana DIPA dan DRPM per Fakultas dengan raihan nilai 75, mengungguli Fakultas Ilmu Keolahragaan (68) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (58).

Untuk gelar juara keempat didapat dari kategori hilirisasi produk inovasi penelitian yang diraih oleh dosen FT, Dr Apri Nuryanto dengan produknya berupa sepeda aluminium. Produk ini mengungguli produk bahan ajar/media dari Prof Dr Siti Irene Astuti Dwiningrum MSi (Fakultas Ilmu Pendidikan) dan produk ensiklopedia dari Dr Ratna Candra Sari MSi CA CFP IFP (Fakultas Ekonomi).

Sedangkan untuk kategori publikasi artikel di jurnal/proseding terindeks scopus, pemenangnya yakni, untuk Fakultas Teknik, juara diraih Dr Ir Fatchul Arifin MT. Untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juara diraih Prof Dr Heru Kuswanto MSi. Pada Fakultas Ilmu Pendidikan, juara diraih Dr Rukiyati MHum. Pada Fakultas Ilmu Sosial, juara diraih Prof Dr Aman MPd. Untuk Fakultas Ilmu Keolahragaan, juara diraih Prof Dr Siswantoyo MKes AIFO. Untuk Fakultas Ekonomi, juara direbut Prof.Dr Zamroni, pada Fakultas Bahasa dan Sastra juara diraih Prof Dr Suminto A Sayuti.

Untuk kategori terakhir, yakni skor sister 2021 atau penilaian yang didasarkan banyaknya dokumen yang diunggah sebagai kinerja dosen 2021, untuk FIP juara diraih Dr H Fery Muhamad Firdaus SPd MPd. Untuk FBS juara diraih Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro SPd MPd PhD. Di FMIPA juara diraih Prof Dr Heru Kuswanto MSi. Di FIS juara direbut Dr Dyah Kumalasari MPd. Pada FT, juara diraih Prof Dr Samsul Hadi MPd MT. Pada FIK, juara diraih Prof Dr Dra Endang Rini Sukamti MS. Untuk FE, juara diraih Dr Ratna Candra Sari SE MSi CA CFP.

Sementara itu Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY, Prof Dr Siswantoyo MKes AIFO mengatakan, ini adalah ajang LPPM Award kedua setelah tahun kemarin menjadi ajang perdana. “Tujuannya adalah sebagai evaluasi kinerja bapak ibu dosen terkait keluaran penelitian, produk penelitian, hingga HKI yang didorong sampai ke industri. Semoga memberi manfaat yang sebesar-besarnya dan menjadi motivasi bagi bagi keluarga besar UNY untuk lebih berprestasi di masa mendatang,” tegasnya. (Hit)

 

UNY

BERITA REKOMENDASI