Fenomena Hujan Es Terjadi di Cangkringan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga di Dusun Cangkringan Kalurahan Argomulyo Kapanewon Cangkringan merasakan fenomena hujan es, Sabtu (27/02/2021) petang. Warga sempat kaget karena tiba-tiba langit berubah gelap setelah sebelumnya sempat cukup cerah sepanjang siang hingga sore hari.

RR Rindu Sri Sundari Suryandini (28), warga Cangkringan mengungkap hujan es terjadi sekitar pukul 16.20 WIB petang tadi. Kejadian berlangsung cukup cepat sekitar beberapa menit dibarengi dengan hujan deras yang datang secara tiba-tiba.

“Tadi saya lihat masih benderang tadi. Tapi dari arah utara mendung gelap, kemudian listrik padam, sekitar sejam baru hujan. Mah itu tahu-tahu kok seperti keras sekali hujannya, betak-betak begitu, saya keluar ternyata hujan es. Sempat saya foto dan rekam itu tadi pakai ponsel, cepat kejadiannya,” tutur Rindu.

Beruntung di kawasan kediaman Rindu, tidak dilaporkan adanya kerusakan akibat hujan es yang turun petang tadi. Namun warga sempat kaget karena hujan yang cukup deras dibarengi dengan suara keras saat terkena atap. “Kaget juga, tapi untungnya di daerah sini tidak ada yang rusak karena hujan es ini,” sambung dia.

Terpisah Babinsa Cangkringan, Koptu Eko Widada membenarkan warga di wilayahnya sempat melaporkan adanya hujan es petang tadi. Namun demikian, berbeda dengan di Kapanewon Ngemplak, tidak ada kerusakan yang terjadi di Cangkringan akibat hujan es.

“Sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat hujan es. Tadi sore saat kejadian, memang hujan deras di kawasan Cangkringan,” tandasnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana menyampaikan sampai malam ini tidak ada laporan kerusakan akibat hujan es di sebagian wilayah Sleman petang tadi. “Sampai saat ini tidak ada laporan dampaknya, kemungkinan tidak ada kerusakan yang diakibatkan,” tandas Biwara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI