Filosofi Jawa Bisa Mendukung Berwirausaha

SLEMAN, KRJOGJA.com – Selama ini filosofi Jawa lebih banyak dikaitkan dengan kepemimpinan, kehidupan bersosial atau peradaban luhur lain. Padahal ada banyak ajaran-ajaran leluhur yang sejatinya mendukung untuk berwirausaha. Dalam hal ini, saya akan mengambil dua filosofi Jawa yang sangat kena untuk kehidupan masa kini yakni hamemayu hayuning bawana dan manunggaling kawula Gusti.

Ketua International Council for Small Business (ICSB) DIY GKR Bendara mengemukakan hal tersebut ketika menjadi keynote speaker Growth Festival 2020 di UII, Selasa (17/11/2020). Kegiatan diselenggarakan Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh (Growth Hub UII) dan Inkubator Bisnis & Teknologi Ibisma UII. Memberikan sambutan pada pembukaan Rektor UII Prof Fathul Wahid PhD dan Bupati Sleman Sri Purnomo.

“Dalam hal ini, sebutnyan, hamemayu hayuning bawana kita maknai sebagai kemampuan menjaga keserasian alam dengan segala isinya. Kedua, manunggaling kawula Gusti yang dimaknai dengan bagaimana semangat gotongroyong masyarakat dan pemimpin dalam mewujudkan satu tujuan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI