FKY Sleman Digelar Mulai Kamis Besok

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Festival Kesenian Yogyakarta Kabupaten Sleman dengan tema “Masa Depan Hari Ini Dulu” akan digelar selama 3 (tiga) hari mulai Kamis besok 25 – 27 Agustus 2016 Jam 10.00 – 23.00 WIB di Parkir Utara Lapangan Denggung Sleman Yogyakarta. Selain dilaksanakan pawai seni, FKY Sleman kali ini juga akan menampilkan pentas seni tradisi kerakyatan dan pentas seni unggulan.

 

Demikian dinyatakan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Endah Sri Widiastuti, MPA, Rabu 24 Agustus 2016 dikantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

Endah menambahkan bahwa FKY Kabupaten Sleman 2016 ini dimaksudkan sebagai media pelestarian, pembinaan, pengembangan dan pemanfaatan seni, sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya lokal, sebagai media peningkatan kualitas karya seni melalui kreativitas dan inovasi seni serta menggali potensi seniman seniwati muda berbakat. Selain itu juga dimaksudkan untuk mendorong kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi lokal khususnya musik dan nyanyian tradisional.

Rangkaian acara selama FKY Kabupaten Sleman tersebut sangat beragam mulai dari pawai seni, pentas seni tradisi kerakyatan maupun pentas seni unggulan. Kamis 25 Agustus 2016 mulai pukul 10.00 sampai 11.30 akan dipentaskan Kesenian Jathilan 'Turonggo Budoyo Rukun' dari Kecamatan Kalasan sebagai kesenian pembuka. Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian acara pembukaan yang berupa manguyu-uyu pukul 12.30 – 13.30 WIB, tarian pembuka “Tari Nawung Sekar” dan tarian utama “Krido Laksita Mahambara” pukul 13.30 – 14.00 WIB.

FKY Kabupaten Sleman secara resmi menurut rencana akan dibuka oleh Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, M.Si pada pukul 14.00 WIB dilanjutkan dengan pelaksanaan pawai seni dari 17 kecamatan se Kabupaten Sleman. (*)

BERITA REKOMENDASI