Forkom UMKM Tegaltirto Adakan Penyuluhan Pembuatan NIB

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Forkom UMKM Tegaltirto, Berbah Sleman mengadakan kegiatan penyuluhan dan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di wilayah Kalurahan Tegaltirto, Kamis (7/10/2021). Kegiatan dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Kapolsek Berbah Kompol Eko Wahyu Nugraheni SE MM. Turut hadir Panewu Berbah Wildan, Lurah Tegaltirto Sardjono dan Ulu-ulu Tegaltirto Bayu.

Ketua Forkom UMKM Tegaltirto Dyahdy Kusumandari mengatakan, NIB merupakan persyaratan nasional sekaligus salah satu perizinan yang wajib dimiliki setiap pelaku usaha untuk membuka usaha, baik mikro maupun badan usaha besar. “Karena ini syarat wajib, maka setiap pelaku usaha harus membuat dan memiliki NIB,” terang Dyahdy disela kegiatan.

Penyuluhan dan pendampingan diikuti 28 orang peserta perwakilan dari padukuhan yang ada di Tegaltirto (14 padukuhan). Acara diisi penyampaian materi oleh Konsultan PLUT Sleman Edy Santoso atau yang dikenal Edy Teh Siji. Kegiatan penyuluhan dan pendampingan pembuatan NIB juga akan diselenggarakan pada 12 Oktober 2021 mendatang.

Dyahdy berharap melalui kegiatan ini, semua pelaku UMKM di wilayah Berbah, khususnya di Forkom UMKM Tegaltirto memilik NIB dan berlanjut kedepannya sedikit demi sedikit memenuhi semua perijinan berusaha seperti PIR, hak merek, halal, Jogja Mark dan lainnya. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mencetak kader-kader yang nantinya bisa membimbing warga/pelaku UMKM lainnya dalam membuat NIB. “Dengan begitu UMKM bisa naik kelas,” ujarnya.

Bupati Kustini mendukung kegiatan tersebut sembari menyemangati para pelaku UMKM di Tegaltirto untuk terus menimba ilmu bisnis serta melengkapi semua perizinan usaha. “Setelah tahu cara dan prosedur membuat NIB, maka segeralah membuat NIB agar UMKM segera naik kelas,” katanya. (Dev)

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI