Foto Mahasiswi Diubah Jadi ‘Avatar’, Begini Jawaban Rektorat UGM

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Setelah ramai diperbincangkan terkait foto mahasiswi dari salah satu UKM Fakultas Geografi diblur, kini kejadian hampir serupa terjadi lagi. LDF Kalam Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM sengaja mengganti foto pengurus perempuannya dengan avatar.

Hal yang sama juga dilakukan unit mahasiswa keluarga muslim Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UGM yang menamakan diri ‘Kabinet Terang Bulan’. Foto-foto tersebut tiba-tiba viral di media sosial dan mengundang banyak tanya masyarakat.

Menganggapi hal ini, rektorat UGM melalui Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pembelajaran, dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno mengaku mahasiswa belum menyadari betul bawasanya hal tersebut mengancam keterbukaan publik. UGM menurut dia tak pernah mewajibkan wajah pengurus perempuan sebuah unit kegiatan mahasiswa harus diblurkan atau disamarkan. Justru sebaliknya, kampus meminta semua foto publikasi pengurus wajib ditampilkan terbuka.

“Meski iseng ya sebenarnya tapi aksi itu (memburamkan wajah pengurus perempuan) mengundang polemik, kegaduhan dan kontroversi. Para pengurus ini tidak menyadari bahwa ini mengancam keterbukaan publik. Sebagai pengurus, menampilkan wajah kepada publik adalah bentuk keberanian. Jika wajah mereka buramkan, maka ini bisa memancing keramian yang tidak perlu,” ungkapnya, Jumat (14/02/2020).

Rektorat menurut Djagal kini tengah meminta masing-masing dekan fakultas untuk memanggil pengurus dengan tujuan mengklarifikasi apa yang sudah mereka lakukan dan viral di dunia maya. “Kami sudah minta ke masing-masing dekan, sekarang sedang menunggu laporannya. UGM jelas mengutamakan prinsip keterbukaan tanpa bias gender,” tegas dia. (Fxh)

BERITA TERKAIT