Game Nusantara Ajak Pemain Bantu Gajah Mada Tuntaskan Misi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Selama ini, game petualangan yang dimainkan para gamers mengisahkan cerita fiktif dengan tokoh yang juga fiktif, tak pernah ada di dunia nyata. Namun, bagaimana bila kemudian ada game yang diambil dari bagian penggal sejarah kisah nyata Bangsa Indonesia di masa lampau, apakah menarik untuk dimainkan? 

Berangkat dari pertanyaan itulah beberapa pencipta game asal Yogyakarta yang tergabung dalam Otret Dot Com menggagas sebuah permainan yang dinamakan Game Nusantara. Game ini mengambil situasi masa lampau Indonesia dengan tokoh-tokoh nyata yang ada pada masa tersebut. 

Heru Nurcahyo, salah satu pembuat pun menceritakan tentang Game Nusantara pada KRjogja.com saat berbincang Jumat (30/11/2018). Menurut Heru, Game Nusantara ini berusaha membuat scene-scene menarik yang mengenalkan situasi serta tokoh yang ada di Nusantara pada masa lampau. 

“Misalnya era Majapahit, tokoh utamanya (pemain) misi utamannya membantu Gajah Mada, jadi bukan Gajah Mada itu sendiri tokohnya agar tidak mudah ditebak jalan ceritanya. Di scene dua misalnya ketemu Gajah Mada, membantu misinya kemudian di scene ke berapa ketemu Hayam Wuruk, jadi seperti nonton film sejarah yang interaktif, kita bisa ikut serta di dalamnya,” ungkapnya. 

Heru bersama kawan-kawannya berharap, Game Nusantara tersebut mampu mengenalkan lebih dekat sejarah Nusantara ke generasi muda Indonesia meski hanya sebatas situasi dan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Apalagi di era 4.0 saat ini, inovasi untuk menceritakan sejarah juga perlu disesuaikan agar tidak menjadi basi. 

“Karena cerita petualangannya tetap bukan tokoh utama misalnya HB V atau Gajah Mada tadi, tapi mungkin kusir kudanya yang punya misi tertentu akan lebih seru saja rasanya. Kita bisa membuat cerita kemenangan bagi pemain tanpa khawatir beban sejarah apabila keliru. Tapi tokoh dan situasinya tetap riil, sehingga seperti berada pada masa sejarah dahulu,” sambungnya. 

Nantinya, para pencipta game yang bermarkas di Yogyakarta tersebut akan memproduksi game dengan seri-seri layaknya Assasin’s Creed. Penggal-penggal sejarah seperti Era Majapahit, Agresi VOC ke Indonesia hingga masa kependudukan Jepang akan dibuat untuk membuat keseruan bagi gamers sekaligus mengenalkan cerita Nusantara. 

“Tapi saat ini kami masih menunggu investor yang mungkin bisa bekerjasama dengan kami agar game ini segera dirilis. Rencanannya nanti akan dibuat untuk PC, IOS dan Android, semoga lekas ada investor datang bekerjasama,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI