Gamping, Depok, Mlati dan Ngemplak Masih Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Cangkringan dan Prambanan masuk dalam zona hijau Covid-19 di wilayah Sleman. Dua kecamatan tersebut tergolong zona hijau karena hingga kini tidak ditemukan adanya kasus positif Corona. Sedangkan yang tergolong zona merah yakni di Gamping, Depok, Mlati dan Ngemplak.

Menurut Kadinkes Sleman dr Joko Hastaryo, setiap pekan pihaknya memperbaharui data terkait penyebaran Covid-19 di tiap wilayah hingga di tingkat dusun. Hal ini juga terkait adanya surat edaran Menteri Agama dalam pembukaan tempat ibadah dengan salah satu syaratnya memiliki surat keterangan aman Covid-19.

“Pendataan seperti ini tiap bulan sudah kami lakukan tapi awalnya untuk kebutuhan monitoring. Tapi karena diperlukan untuk sektor lain maka kita sampaikan ke ketua gugus tugas,” jelas Joko.

Ia mengungkapkan klasifikasi zona ini punya kriteria sendiri-sendiri. Misalnya wilayah yang termasuk zona merah karena ada transimi lokal. Dikategorikan zona oranye jika tidak ada transmisi lokal tapi ada kasus positif dan aktif dalam sebulan terakhir.

Disebut zona kuning kalau ada riwayat kasus positif, walaupun mungkin sudah tidak aktif atau sudah sembuh. Sedangkan zona hijau yakni wilayah yang selama pandemi ini belum pernah ditemukan kasus positif.

Joko mengungkapkan, untuk wilayah yang dinyatakan zona merah sebenarnya hanya karena satu desa terjadi transmisi lokal. Seperti di Gamping, hanya ada di dua desa yakni Balecatur dan Banyuraden, di Kecamatan Ngemplak hanya Wedomartani, Kecamatan Depok hanya terjadi di Caturtunggal dan Kecamatan Mlati hanya ada di Tirtoadi dan Tlogoadi.

“Pemetaan dipercepat setiap Jumat diupdate, karena tingkat kesembuhannya juga cepat. Seperti di Tirtoadi itu hari Jumat masih merah, tapi sekarang sudah sembuh, sehingga masuk zona oranye,” bebernya. (Aha)

BERITA REKOMENDASI