Garbi DIY Dideklarasikan, Bantah Berafiliasi Parpol Tertentu

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) DIY mendeklarasikan diri Sabtu (16/3/2019) malam dalam sebuah acara bertajuk Garbi Night di Sahid Hotel. Berikrar sebagai organisasi masyarakat (Ormas), Garbi membantah berafiliasi dengan partai politik (parpol) tertentu. 

Luthfi Alfikri Kustiyo, Ketua Garbi DIY mengatakan ormas tersebut menitikberatkan arah pada pembentukan narasi Indonesia kedepan. Menurut dia, sejarah bangsa yang dimulai dari proses diskusi anak muda para pendahulu menjadi tonggak awal yang ingin dikembalikan di masa saat ini. 

“Di sini kami tegaskan tidak berafiliasi pada parpol apapun. Kalau ada tokoh yang datang dari partai ya karena kami terbuka pada semua pihak. Hari ini kami kulonuwun pada seluruh elemen di Yogyakarta karena kami ingin mendeklarasikan diri,” ungkapnya. 

Di DIY, Garbi mengklaim telah memiliki 1000 lebih anggota di lima kabupaten kota. Anggotanya sebagian besar berasal dari kalangan generasi muda dengan latarbelakang yang beragam. 

“Kami ingin mengakomodasi cara-cara anak muda dalam berdialog dan menyampaikan pandangan. Namun bedanya, apa yang didiskusikan bisa tersampaikan ke elit-elit politik karena kami sejak awal memang menggandeng tokoh-tokoh dari manapun,” sambungnya lagi. 

Namun begitu, Garbi sendiri tak bisa dipisahkan dari tokoh-tokoh PKS seperti Fahri Hamzah. Fahri sendiri sebenarnya juga diundang hadir dalam Garbi Night namun urung datang lantaran menjalani perawatan karena sakit. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI