Gawat! 4,58 Persen Anak Usia 10 – 18 Tahun Jadi Perokok Aktif

SLEMAN, KRJOGJA.com – Bupati Sleman Kustini meresmikan Gerakan Keluarga Bebas Asap Rokok atau GASBRO di Hotel The Rich Jogja, Selasa (31/5/2022). Peresmian dilakukan dalam rangka Kampanye Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2022.

Bupati menyampaikan dukungannya terkait aksi GASBRO. Terlebih lagi, melalui Kampanye Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kebijakan baik pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat akan bahaya produk tembakau bagi kesehatan manusia maupun lingkungan.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong terciptanya keluarga sehat bebas asap rokok di Kabupaten Sleman. Selain itu kami berharap dengan meningkatnya kesadaran seluruh pihak terkait bahaya produk tembakau, akan semakin memudahkan kolaborasi seluruh pihak dalam mengelola dan mengontrol pemanfaatan produk tembakau serta terwujudnya keluarga sehat bebas asap rokok di Kabupaten Sleman,” tegas Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahaya negatif tembakau yang menjadi perhatian penting untuk semua pihak. Sebab pada tahun 2020, Indonesia memiliki jumlah perokok dewasa tertinggi di Asia Tenggara. Sementara itu di Kabupaten Sleman, pada tahun 2021 sebanyak 10,5% anak usia 10 – 18 tahun pernah mencoba merokokm bahkan 4,58% di antaranya menjadi perokok aktif.

BERITA REKOMENDASI