Gelapkan Uang Koperasi, Masuk Bui

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Diduga menggelapkan uang koperasi, PR (40) ayah dua anak warga Mlati Sleman, kini menjadi tahanan Polsek Sleman. Tersangka yang beraksi di tempatnya bekerja itu, terancam Pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan, ancaman hukuman maksimal 5 tahun.

Kapolsek Sleman Kompol Irwiantoro, diwakilkan Kanit Reskrim Iptu Eko Haryanto mengatakan, tersangka menggelapkan uang Rp 140,5 juta di sebuah koperasi di Tridadi. “Di koperasi tersebut, tersangka merupakan marketing dan bisa mencairkan pinjaman utang jika ada nasabah yang mengajukan. Kewenangan itu, malah disalahgunakan oleh tersangka dengan membuat pengajuan utang fiktif menggunakan identitas milik orang lain,” ungkap Kanit dikonfirmasi, Senin (25/1).

Aksi tersangka, sudah dilakukan sejak November 2019 hingga April 2020, namun baru diketahui saat koperasi melakukan audit Mei 2020. Dalam audit dan cek di lapangan, pihak koperasi banyak menemukan data palsu yang diduga dilakukan oleh PR. Akibatnya, koperasi mengalami kerugian hingga Rp 140,5 juta lebih. Kasus itu awalnya sempat diselesaikan secara kekeluargaan, namun karena tersangka tidak punya etikat baik, akhirnya dipilih jalur hukum. Setelah ditemukan cukup bukti, polisi akhirnya mengamankan PR dengan bukti berupa 80 lembar pinjaman fiktif yang menggunakan identitas orang lain.

BERITA REKOMENDASI