GKR Mangkubumi dan Kartika Affandi Terima “Puan Nusantara”

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) DIY memberikan penghargaan bertajuk Puan Nusantara, Minggu (8/12/2019) di Pendopo Royal Ambarrukmo. Penghargaan yang baru kali pertama diadakan tersebut diberikan pada insan yang memiliki konsern pada pemberdayaan perempuan.

Dua kategori utama dalam penghargaan tersebut yakni Puan Sepanjang Hayat dan Puan Nusantara Utama. Penghargaan Pua Sepanjang Hayat diberikan pada Kartika Affandi yang memiliki konsern pada bidang budaya dan menggerakkan kaum perempuan berkarya.

Di kategori Puan Nusantara Utama, nama GKR Mangkubumi muncul dan secara resmi menyandang gelar penghargaan tersebut. Usai pemberian penghargaan, Mangkubumi mengungkap sempat bertanya alasan mengapa dirinya yang terpilih.

“Kemarin saya sempat bertanya kenapa saya lalu saya bertemu dengan penyelenggara dan memastikan ada nilai apa di balik penghargaan ini. Kegiatan saya tak terekspose lho selama ini, tapi kok ya bisa tahu ini FPPI. Ya, yang bisa saya lakukan untuk warga DIY ya saya kerjakan sebisa saya. Harapannya penghargaan ini bisa mengoreksi dan memacu hidup saya kedepan,” ungkap putri sulung Sri Sultan HB X ini.

Sementara Kedaulatan Rakyat juga mendapat penghargaan sebagai Puan Media, diwakili pemimpin redaksi Octo Lampito. KR dinilai menjadi media yang memiliki konsern untuk memberitakan dan memberdayakan perempuan dari sudut pandang pemberitaan.

Prof Wiendu Nuryanti, Ketua FPPI DIY mengatakan ada 11 kategori nominasi Puan Nusantara yang diberikan kali ini. Menariknya, inisiasi penghargaan Puan Nusantara tersebut akan di adaptasi secara nasional untuk mencari sosok-sosok yang konsern pada pemberdayaan perempuan di Indonesia.

“Ada berbagai bidang seperti pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif juga. Tidak harus perempuan tapi terpenting adalah dedikasi untuk pemberdayaan perempuan. Penghargaan ini ternyata menjadi inspirasi secara nasional, kedepan akan ada Puan Nusantara untuk Indonesia, nominasinya dari berbagai daerah,” ungkap Wiendu. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI