GM Angkasa Pura I Ditanya Soal Bandara

SLEMAN (KRjogja.com) –  Rencana pembangunan Bandara baru di Kabupaten Kulonprogo mendapat perhatian masyarakat luas termasuk pelajar. Bahkan tidak segan bertanya langsung kepada PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
 
Hal tersebut muncul saat General Manager (GM) AP I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, menjadi guru dadakan di SMA Angkasa Maguwoharjo Depok Sleman, Kamis (08/09/2026).  "Mumpung ketemu Pak GM, saya mau bertanya. Pembangunan bandara baru itu kan memunculkan pro kontra di masyarakat. Lalu langkah apa yang dilakukan AP mengenai hal itu,” tanya Pandu siswa kelas XII.
 Agus Pandu menjelaskan suatu kebijakan akan menimbulkan pro kontra di masyarakat. "Saat itu ada 109 Kepala Keluarga (KK) yang menolak. Tapi setelah dilakukan pendekatan dan ternyata harga tanahnya juga naik. Mereka akhirnya bersedia, tanahnya diukur,” kata GM.

Agus Pandu menambahkan awalnya harga tanah di sekitar Kabupaten Kulonprogo hanya berkisar Rp 20 ribu permeter2. Namun saat ini melonjak jadi Rp 1 juta per meter sehingga dana yang harus dikeluarkan AP untuk pembebasan tanah melonjakdari Rp 1,2 triliun, naik menjadi Rp 4,1 triliun. (Awh)

BERITA REKOMENDASI