Google Balon di Indonesia Sasar Daerah Terpencil

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara memastikan teknologi balon udara Google akan mengudara di wilayah Indonesia. Balon tersebut akan mengkover wilayah terpencil Indonesia yang belum ada tower jaringan 4G.

Kepada wartawan usai membuka Gerakan 1000 Startup Digital di Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (13/08/2016) Rudiantara mengatakan pemerintah telah melakukan pembicaraan dengan pihak google terkait permasalahan teknis program yang diberinama Project Loon tersebut. "Kami sudah bicarakan dengan holding google, dari sisi Kominfo Indonesia sudah siap," terangnya.

Menurut Rudi, pemerintah kini juga tengah melakukan pembicaraan dengan TNI dan kementrian perhubungan untuk memuluskan perijinan operasional balon udara. Project loon tersebut nantinya akan menjelajahi wilayah luar pulau Jawa yang belum terkover tower pemancar selular 4G LTE.

"Loon itu sama dengan balon udara yang membawa BTS, fungsinya untuk akses ambil data dari user ke operator, traffic dan billing yang mengatur operatornya. Kita akan fokuskan di daerah yang belum terjamah 4G, masih ada sekitar 100-an daerah di Indonesia," lanjut Rudiantara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI