GSM Ciptakan Ekosistem Sekolah Menyenangkan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dampak positif dari Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) semakin dirasakan. Banyak sekolah yang bergabung dan mulai menerapkan konsep GSM ini. Salah satunya SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta yang melakukan studi banding ke SD Negeri Rejodani, Ngaglik Sleman yang telah menjadi SD model GSM, Jumat (4/1/2019). 

Bahkan guru dan siswa SMP Negeri 2 Sleman berkunjung (studi banding) ke SD Negeri Ngebelgede II Sleman dan SD Muh Mantaran Sleman karena ingin menerapkan konsep pendidikan GSM.

Pendiri GSM, Muhammad Nur Rizal PhD mengatakan, para guru yang melakukan studi banding itu, sebelumnya telah mengikuti workshop GSM Desember lalu. Pola berpikir (mindset) para guru tersebut sudah berubah, bahwa pendidikan bukan sekedar mengejar nilai tinggi atau akreditasi sangat memuaskan, melainkan membangun kolaborasi dan bergerak bersama untuk menciptakan mutu pembelajaran yang bermanfaat bagi anak. 

"Sekolah-sekolah yang tergabung di GSM saling bekerja sama dan berkolaborasi untuk menciptakan ekosistem sekolah yang menyenangkan yang membuat anak kecanduan belajar di sekolah," terang Nur Rizal disela acara studi banding.

Saat studi banding, sekolah-sekolah ini juga mengajak murid-muridnya agar bisa merasakan langsung dampak positif dari ekosistem sekolah yang menyenangkan dan memanusiakan manusia di sekolah GSM. 

Menurut Nur Rizal, kunjungan atau studi banding ini merupakan langkah nyata untuk menanamkan ketrampilan berkolaborasi bagi anak dan guru. Sehingga ketrampilan kolaborasi bukan hanya retoris tuntutan kurikulum, melainkan kebutuhan manusia dimana kodrat manusia adalah mahluk sosial. 

"Jadi, kolaborasi akan merasuk menjadi nilai holistik di sekolah dan bahkan kolaborasi dilakukan lintas jenjang pendidikan seperti sekolah SMP belajar ke sekolah SD," ujarnya. 

Kepala SD Muhammadiyah Bausasran, Suwarjo SPd MPd mengaku sangat pas dengan konsep GSM yang mengedepankan pembelajaran kreatif, inovatif serta penguatan karakter anak didik. Ia juga setuju dengan model kolaborasi antarsekolah GSM untuk menciptakan ekosistem sekolah yang menyenangkan. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI