Gunakan Aplikasi ‘Google for Education’, PGSD – UAD Adakan Pelatihan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di SD Muhammadiyah Condongcatur, SD Muhammadiyah Kayen dan SD Muhammadiyah Kolombo yang merupakan di bawah adminitrasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Depok, Sleman. Lokasi pelatihan di SD Muhammadiyah Condongcatur Depok, Sleman, Sabtu (24/10/2020).

Hadir dalam pembukaan pelatihan yakni Ketua PCM Depok Drs Jumiran MPd, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Depok Drs Sayuti Mustofa MPd dan juga Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur, Sulasmi SPd.

Diyah Puspitarini MPd mengatakan, kondisi pandemi ini membuat pekerjaan administrasi sekolah harus menyesuaikan dan berinovasi agar manajemen sekolah tetap berjalan efektif dan efisien. Maka kegiatan ini dilaksakan dengan tujuan agar memberikan bekal pemahaman dan praktis pemanfaatan aplikasi google for education untuk menunjang kegiatan manajemen sekolah. Pelatihan diberikan oleh Diyah Puspitarini MPd selaku pemateri tentang manajemen administrasi sekolah dan Lovandri Dwanda Putra MPd selaku pemateri dua yang menyampaikan materi tentang Google for Education.

Diyah Puspitarini MPd, Selasa (27/10/2020) kepada krjogja.com menyampaikan materi pengabdian memberikan wawasan pemahaman manajemen administrasi sekolah di era pendidikan 4.0 yang sudah menggunakan berbagai fitur aplikasi dalam rangka menunjang pendidikan, dan juga penjelasan tentang Manajemen Informasi Sistem (MIS) yang sangat bermanfaat di masa pandemi ini.

Selanjutnya Lovandri Dwanda Putra MPd menegaskan, peserta juga diberikan pemahaman tentang pengenalan dan cara memakai fitur google for education yang bisa dimemudahkan pendidik maupun tenaga kependidikan dalam rangka menjalankan peran dan fungsinya di sekolah. Peserta juga diminta untuk praktik menggunakan google for education. Antusias peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir sangat terlihat, dan bahkan ada yang menyayangkan mengapa pelatihan sebagus ini baru dilaksanakan saat ini.

Peserta kegiatan ini berjumlah 22 orang karena pembatasan jumlah yang terdiri dari kepala sekolah/yang mewakili, guru dan tenaga tata usaha dan semua peserta adalah perwakilan dari SD Muhammadiyah se Depok. Selama pelatihan tetap memakai protokol Covid-19 seperti mencuci tangan sebelum masuk, tes suhu tubuh dan posisi duduk yang masih tertata rapi. Output kegiatan ini guru dan tata usaha bisa mengaplikasikan Google for educationyang bermanfaat untuk mereka. (Jay).

BERITA REKOMENDASI