Guru Matematika Diminta Berperan Aktif Tangkal Radikalisme di Sekolah

SLEMAN, KRJOGJA.com – 600 guru Matematika dari seluruh Indonesia berkumpul di Yogyakarta, Senin (22/11/2021) untuk mengikuti Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) IX bertema Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika. Para guru diminta aktif meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika dan mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Dr. Sumaryanta, Widyaiswara PPPPTK Matematika, Penanggungjawab Akademis SeNdiMat mengatakan perubahan kurikulum merdeka belajar membawa konsekuensi pada perubahan pola pikir Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan, salah satunya guru. Menurut dia, guru memegang peran penting untuk mewujudkan kualitas pembelajaran sesuai kurikulum merdeka belajar yang salah satunya memuat pula profil pelajar Pancasila.

“Jadi, dalam seminar ini kita bahas pula bagaimana mewujudkan profil pelajar Pancasila. Di sini, diharapkan anak tidak hanya pintar matematika namun memahami dan bisa menyampaikan nilai keberagaman, keagamaan yang moderat termasuk untuk meminimalisir radikalisme. Kita menumbuhkan budaya saling menghargai dan menghormati dari sekolah,” ungkapnya usai pembukaan di Prime Plaza Hotel.

Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A., Direktur Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK, Kemdikbudristek mengungkap Matematika memiliki nilai universal yang bisa menjadi pijakan siswa dalam menjalani kehidupan. Kondisi ini membuat guru Matematika punya peran besar untuk turut membentuk profil pelajar Pancasila.

“Bagaimana membentuk siswa yang beriman, bertakwa kepada Tuhan juga berkebhinekaan global, ini yang bisa digunakan untuk melihat keberagaman. Di sini mungkin kami masuk untuk mewujudkan siswa yang berpijak pada Pancasila. Kami melihat keberagaman sebagai keniscayaan yang harus disikapi dalam kehidupan NKRI ini. Anak-anak harus dibiasakan, dan Matematika masuk dengan nilai universalnya,” tandas Rachmadi.

BERITA REKOMENDASI