Gus Rifqi Buka Pintu Rezeki dari Beternak Merpati Kolong

Editor: Agus Sigit

REJEKI bisa datang dari mana saja, dari arah yang tak terduga. Seperti jalan rejeki yang didapatkan KH Rifqi Aziz Ma’shum, atau akrab dengan sapaan Gus Rifqi.

Siapa sangka, dari hobinya memelihara burung merpati, kini ia mampu meraup pundi-pundi rupiah. Tak hanya mencukupi kebutuhan ia dan keluarga, hasil penjualan ternak merpati juga mampu membiayai keperluan pondok serta membantu santri kurang mampu yang belajar di Pondok Pesantren Al Falahiyyah di bawah asuhannya di Mlangi Nogotirto Gamping Sleman.

Kisah Gus Rifqi menjadikan hobi sebagai pembuka pintu rejeki ini, diawali dari jatuh bangun berbagai usaha yang pernah dirintisnya. Mulai dari ternak bebek, memelihara sapi, rental mobil hingga bisnis bambu yang rugi ratusan juta rupiah karena tertipu rekan kerja.

Di tengah hantaman badai kegagalan, tahun 2012 Gus Rifqi membeli Merpati jenis Tomprang seharga Rp 2 juta. Awalnya, ia memelihara Merpati karena hobi dengan tujuan untuk menghibur diri. Di tengah hobinya, Gus Rifqi mampu membaca peluang bisnis, dimana banyak penghobi Merpati Kolong. Ia kemudian menjual mobil dan sebagian dari hasilnya sebesar Rp 50 juta, dibelikan 10 pasang indukan Merapi Kolong. Sejak itu, ayah dari enam anak ini mulai eksis menjual Merpati Kolong melalui facebook.

“Ternyata permintaan sangat banyak, apalagi setelah Merpati Kolong hasil ternak saya yang dibeli konsumen, banyak menghasilkan juara dengan hadiah mulai dari motor hingga mobil. Saat ini saya mulai kewalahan melayani konsumen, karena sehari baru mampu menyediakan 4 sampai 5 ekor merpati,” ungkap Gus Rifqi, belum lama ini.

BERITA REKOMENDASI