Habib Rizieq Ada Dalam Pantauan Kemenlu

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kabar Habib Rizieq dari Malaysia menuju ke Arab Saudi terus dipantau oleh Kementerian Luar Negeri. Terlebih lagi, kini pihak kepolisian tengah berupaya menghadirkan Habib Rizieq di hadapan penyidik sebagai saksi dalam kasus dugaan chat pornografi dengan tersangka pemufakatan makar Firza Husein.

"Kita memantau berdasarkan informasi yang kita peroleh dari penegak hukum," ungkap Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir usai Press Conference Digital Diplomacy CFDS, di FISIPOL UGM, Rabu (17/05/2017).

Walaupun demikian, Fachir mengaku bahwa Kemenlu belum mengetahui secara pasti keberadaan Habib Rizieq di luar negeri. Juga belum mendapat permintaan dari aparat penegak hukum (kepolisian) untuk memulangkan Habib Rizieq ke Tanah Air.

"Jadi Kemenlu sebatas memantau. Kecuali ada permintaan dari kepolisian, akan kita tindaklanjuti, itu tergantung dari aparat penegak hukum," tuturnya.

Jika nanti kepolisian mengeluarkan red notice (permintaan pemulangan suatu warga negara yang terjerat kasus hukum pada Interpol), maka Fachir mengungapkan bahwa pihaknya akan mengkomunikasikan kepada negara yang bersangkutan. Sehingga bisa membantu pencarian Habib Rizieq untuk dipulangkan ke Indonesia.

"Jadi jika sudah ada red notice, semua polisi Internasional yang menjadi anggota Interpol harus bekerja sama dalam upaya menindaklanjuti permintaan tersebut. Dan kerjasama antar negara sudah menjadi norma internasional dan Indonesia juga melakukan," pungkasnya. (MG-21)

BERITA REKOMENDASI