Harga Pakan Ternak dan Ikan di Sleman Merangkak Naik

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRjogja.com – Harga pakan ternak dan ikan di pasaran merangkat naik. DPRD Kabupaten Sleman meminta kepada pemerintah untuk turun tangan karena kenaikan harga pakan ini cukup memberatkan para peternak maupun pembudidaya ikan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Tri Nugroho SE mengatakan, kenaikan harga pakan ternak maupun ikan sangat tidak menguntungkan bagi pembudidaya maupun peternak. Hal itu dikarenakan biaya produksi setiap budidaya ikan maupun ternak akan meningkat.

“Ini jelas tidak menguntungkan bagi pelaku budidaya ikan maupun ternak. Dengan kondisi ekonomi masih sulit, rakyat harus diperberat dengan kenaikan harga pakan,” kata Tri Nugoho atau yang kerap dipanggil Hohok ini, Rabu (21/4).

Hohok mencontohkan, untuk harga pakan ikan, sebelum ada kenaikan, dengan harga Rp 297.000 per karung. Namun sekarang ini harga pakan sudah meningkat menjadi Rp 325.000 per karungnya.

Sedangkan untuk pakan ternak, sejak November 2020 sudah naik Rp 250-500 per Kg, per 15 Maret 2021 kembali naik Rp 150-Rp 300 per Kg dan per 1 April 2021 kembali naik Rp 100-Rp 200 per Kg.

“Kenaikan itu sempat terjadi tiga kali. Dengan harga yang sekarang, para pembudidaya maupun peternak jelas cukup berat,” ujar politisi dari PKB ini.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pemerintah ikut turun tangan dalam mengatasi kenaikan harga pakan ikan maupun ternak. Jika ini dibiarkan, dikhawatirkan banyak pembudidaya ikan maupun ternak akan merugi.

“Saya minta ada perhatian serius dari pemerintah. Bagaiamana caranya menekan harga pakan ternak maupun ikan. Jangan sampai mereka merugi besar,” pintanya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI