Hari Batik Tampilkan Tari Beragam Motif

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tari kolosal yang menampilkan beragam motif batik disuguhkan untuk peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya. Tarian kolosal yang dikemas untuk tayangan virtual tersebut dilakukan tetap dengan protokol kesehatan ketat.

Selain tari kolosal, pada peringatan tersebut juga menampilkan peragaan busana batik oleh para siswa dan siswi sejumlah sekolah. Diantaranya SMK Bayat Klaten, SMK 1 Kalasan, SMK 6 Yogya dan SMK Muhammadiyah 4 Yogya.

Yang istimewa, pada tari kolosal dan peragaan busana tersebut juga diikuti Wikan Sakarinto ST MSc PhD selaku Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Dr Dra Sarjilah MPd, Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Yogyakarta. Wikan Sakarinto mengungkapkan sangat mengapresiasi peringatan ini karena cara merancang eventnya sangat milenial dan kekinian. “Ini salah satu bentuk bahwa kreatifitas tidak kalah dari pandemi covid-19,” tegas Wikan.

Selain itu, Wikan juga menyebut ajang yang digelar ini merupakan bentuk dukungan untuk ini Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang saat ini gencar digemakan. “Dengan memperingati Hari Batik Nasional, batik kita harapkan akan semakin go internasional dan berkembang kreasi- kreasinya,” tambahnya.

Para siswa SD, SMP, SMA, SMK, guru, karyawan, industri maupun pelaku UMKM yang selama ini dibina BBPPMPV juga punya tantangan menghasilkan batik yang produknya dihilirkan ke pasar dan harus laku. (Sal)

BERITA REKOMENDASI