Homestay di Pentingsari Siap Layani Tamu

SLEMAN, KRJOGJA.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berkomitmen meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia melalui pengembangan Desa Wisata Binaan yang berbasis kearifan dan kemandirian lokal. 

Salah satunya dengan melakukan pendampingan pengembangan sejumlah Homestay di Desa Wisata Pentingsari sebagai salah satu wujud program Bakti BCA Solusi Bisnis Unggul. Hal ini kelanjutan program training dan Pendampingan Standarisasi Layanan Homestay bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari dari tanggal 18 Agustus hingga 30 November 2017.

"BCA melakukan pengkategorian homestay menjadi type A, type B, dan type C, serta menggelar penilaian homestay terbaik di masing-masing kategori. Setelah melakukan penilaian, terpilih 3 pemenang unggulan disetiap kategori, 10 pemenang apresiasi, dan 3 apresiasi pemilik homestay usia lanjut," ungkap Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati yang didampingi Senior Vice President CSR BCA Sapto Rachmadi dan Kepala Operasional Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Yogyakarta, Didy Dijatiko.

Inge berharap melalui program ini memicu semangat para pemilik Homestay untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada wisatawan. Apalagi, Desa Pentingsari mampu memikat wisatawan dengan pemandangan Gunung Merapi yang memukau dan budaya kearifan lokal masyarakatnya. Bahkan, Desa Wisata Pentingsari terus didorong untuk menjadi desa yang mandiri melalui serangkaian kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

"Kami ingin turut berperan serta dalam pendampingan dan pengembangan Desa Wisata Pentingsari sebagai salah satu desa andalan di Yogyakarta. Besar harapan kami, Workshop Standarisasi Layanan Homestay yang Kami gelar dapat menjadikan Desa Wisata Pentingsari sebagai desa yang memiliki standar mutu terbaik di Indonesia,” tandasnya.

Vice President CSR BCA Sapto Rachmadi menjelaskan hadiah yang diberikan kepada pemenang diharapkan bisa memicu semangat pengelola home stay guna memberikan pelayanan terbaiknya. Standarisasi serupa juga akan diberikan kepada seluruh desa wisata binaan perseroan di tanah air. Bahkan, standarisasi home stay yang akan diterapkan di dua desa binaan di DIY seperti Wirawisata Goa Pindul dan Desa Wayang Wukir Sari.

"Hadiah berupa uang tunai digunakan untuk pengembangan home stay. Kami terus melakukan pendampingan agar penggunaan tepat sasaran. Hadiah lain juga terkait dengan peningkatan layanan seperti alat-alat rumah tangga," pungkasnya. (Tom)

BERITA REKOMENDASI