Hubungkan Yogya ke Tiga Kota Ini, Tirtoadi Jadi Titik Simpul Ruas Tol

SLEMAN, KRJOGJA.com – Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, akan menjadi wilayah yang seksi dengan adanya pembangunan ruas jalan tol di DIY. Pasalnya, Desa Tirtoadi menjadi lokasi titik simpul pertemuan tiga ruas jalan tol, yakni Trase Yogya-Solo, Yogya-Bawen dan Yogya-Cilacap segmen Yogya- Kulonprogo.

Tim Persiapan Pembangunan Jalan Tol juga akan ada percepatan di Desa Tirtoadi, karena ada lima warga yang terdampak baik pembangunan Jalan Tol Yogya-Solo maupun Yogya-Bawen.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno menjelaskan, ada lima warga yang mengalami situasi berhimpitan. Yakni satu bidang tanah dengan kepemilikan sama terdampak pembangunan Jalan Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen. Tim Persiapan akan mengawal secara khusus agar tidak ada kesenjangan perlakuan pembangunan Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen di wilayah perbatasan.

“Di Desa Tirtoadi ada 277 bidang tanah yang terdampak. Kami memberikan waktu satu bulan untuk menyiapkan berkas, tapi warga justru mengusulkan bisa diselesaikan dalam waktu tiga minggu,” terang Krido saat ditemui pada sosialisasi pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen di Balai Desa Tirtoadi, Selasa (4/8).

BERITA REKOMENDASI