Hujan Abu Terpantau di Boyolali, Merapi Luncurkan Awan Panas 1 Km

SLEMAN, KRJOGJA.com – Gunung Merapi yang berstatus Waspada sejak 21 Mei 2018 lalu kembali meluncurkan awan panas, Sabtu (4/1/2020) malam. Meski tak teramati secara visual karena Merapi tertutup kabut, namun tercatat berjarak luncur 1 kilometer dengan durasi lebih kurang 105 detik.

BPPTKG DIY mencatat luncuran terjadi pukul 20.36 WIB semalam. Amplitudo getaran juga tercatat maksimal 55 milimeter dengan durasi 105 detik yang juga menjadi dasar jarak luncur sekitar 1 kilometer. Guguran awan panas tersebut tercatat menjadi yang pertama di tahun 2020. Aktivitas Merapi sendiri terus teramati dengan seksama oleh BPPTKG DIY selama ini.

Kepala BPPTKG DIY Hanik Humaida menjelaskan aktivitas Merapi tersebut sempat menimbulkan hujan abu tipis di sekitar kawasan Cepogo Boyolali semalam. Masyarakat menurut Hanik tetap dihimbau untuk tak beraltivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak sesuai jarak aman yang dianjurkan.

“Kami menghimbau agar dalam radius 3 kilometer tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat juga kami harapkan mengantisipasi bahaya abu vulkanik dan lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI