HUT Ke-23, MAN 5 Sleman Gelar Aksi Donor Darah

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman menggelar kegiatan donor darah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23, Selasa (28/1/2020). Aksi sosial ini dilaksanakan di lapangan madrasah setempat dengan bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sleman. 

Selanjutnya darah tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman. Donor darah ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh MAN 5 Sleman setiap tahunnya.

Wakil Kepala Urusan Humas, Selasi Umi Maryanti, S.Pd menyampikan kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama antara MAN 5 Sleman dengan PMI Kabupaten Sleman. “Kegiatan ini merupakan satu di antara misi madrasah yaitu menanamkan akhlak mulia, pribadi luhur, dan kesetiakawanan sosial. Harapannya dengan adanya kegiatan aksi donor darah ini bisa meningkatkan kesadaran dan kepedulian kepada sesama, khususnya bagi para guru, pegawai dan siswa MAN 5 Sleman," harap Selasi Umi Maryanti.

Sementara itu Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad ditemui di ruang kerjanya mengapresiasi dan mendukung kegiatan donor darah ini.  “Donor darah ini merupakan kegiatan sosial dan merupakan bentuk keprihatinan kita semuanya atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI,” terang Aris Fu’ad

Sementara Sabrina Surya Dalina siswa kelas XI IPS3 mengaku baru pertama kalinya melakukan donor darah. "Pengen coba gimana rasanya donor darah. Tapi yang jelas bisa bantu orang lain yang membutuhkan darah, dan kita yang donor juga akan tambah sehat," ujar Sabrina sapaan akrabnya.

Awalnya Sabrina juga sempat tidak berani untuk mendonorkan darahnya, tapi setelah tahu kegunaan donor darah itu banyak jadi berani. "Takut juga awalnya, tapi karena teman-teman mendukung jadi berani untuk ikut donor darah," tambah Sabrina yang masih terbaring setelah di donor.

Salah satu guru yang ikut donor darah, Dra. Iis Aisyah mengaku rutin ikut donor darah, dirinya tidak ada sedikitpun merasa takut. Bahkan setelah donor badannya juga masih terasa segar. "Golongan darah saya O, mudah-mudahan darah saya berguna, kalau terpakai mulia rasanya bisa menolong orang lain. Selain itu donor darahkan baik, bisa memperbaharui darah dalam tubuh," ungkap Iis Aisyah yang juga Kepala UKS ini. (*)

BERITA REKOMENDASI