ICHS 2021 Bahas Perubahan Pandemi Jadi Endemi

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Yogyakarta menggelar kenferensi internasional ‘The 8th International Conference on Health Sciences (ICHS) 2021’ yang digelar secara daring, Kamis-Jumat (24-25/9). Pertemuan diikuti sejumlah ahli kesehatan dari berbagai negara juga perwakilan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo SKM MKes mengatakan, ICHS 2021 mengangkat tema ‘Healthy City: Answer for The Future Pandemic’ yang membahas antara lain soal perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Adapun rangkaian acara ICHS 2021 di antaranya parade doktor dan Webinar, coaching clinic/workshop serta acara utama konferensi internasional.

“Dalam pertemuan ini, kami menghadirkan ilmuwan-ilmuwan hebat yang berkualifikasi untuk berbagi ilmu dan pengalaman di bidang ilmu kesehatan seperti kebidanan, keperawatan, kesehatan gigi, kesehatan lingkungan, analis kesehatan, gizi, dan kesehatan masyarakat,” ungkap Joko Susilo kepada wartawan disela kegiatan yang dipusatkan di Eastparc Hotel, Depok Sleman, Jumat (24/9/2021).

Menurut Joko, saat ini pemerintah sudah berinisiatif melakukan kajian-kajian untuk menurunkan status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Ini sejalan dengan ICHS yang membahas persiapan Kota Sehat. “Kota sehat merupakan salah satu strategi mempersiapkan masyarakat agar memiliki ketahanan menghadapi pandemi atau bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. Sebagai negara dengan mobilitas dan jumlah penduduk yang cukup besar, Indonesia juga diharapkan mampu bertahan dan tanggap,” ungkapnya.

Narasumber dari luar negeri di antaranya Dr Tara M Kessaram-Healthier Population/Non-Communicable Disease Team Leader-WHO Indonesia. Sedangkan dari dalam negeri Menteri Kesehatan, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, dan Dr Heni Puji Wahyuningsih (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Penyelenggaraan ICHS didukungan sejumlah partner yaitu Poltekkes Kemenkes Ternate, Poltekkes Kemenkes Palu, Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Palembang, Poltekkes Kemenkes Denpasar, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang, Universitas Medika Suherman, Akademi Kesehatan Gigi Mataram. Sedangkan dari luar negeri St Paul University Philippines. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI