Iklan di Indonesia Harus Berkonten Mobile

SLEMAN (KRjogja.com) –  Indonesia bukan lagi negara yang going mobile, namun sudah termasuk negara yang mobile. Semua serba tersambung dengan internet.

Untuk menghadapi situasi tersebut, Dicky Sukmana, Chief Officer Panenmaya (Instagram and Facebook Affiliate Partner), menantang peserta seminar Pinasthika Creativestifal XVII di Hartono Mall lantai 3 untuk membuat iklan dengan konten mobile, Jum’at (4/11/2016).

Melalui seminar yang bertajuk People Based Marketing, Dicky memaparkan bahwa saat ini terdapat 88% persen pengguna internet dan terdapat 40 juta orang mengakses facebook melalui handphone. “Maka dari itu, saat ini iklan desainnya harus desain for thumbs, iklan itu harus membuat jempol pengguna internet berhenti scrolling pada layar handphone mereka dan memperhatikan iklan tersebut,” papar Dicky.

Menurut Dicky, perilaku mobile membuat orang-orang mengakses internet di mana saja. Orang-orang dapat mengakses internet di sela waktu mereka rapat di suatu ruang yang tenang, di stasiun, dan di tempat umum lainnya. Maka dari itu, iklan harus dapat dinikmati dan dipahami dengan atau tanpa suara.

“Cara pertama bisa menampilkan teks dialog pada iklan, kemudian autoplay yang ada fitur on off soundnya, atau bisa dengan visual rythem yaitu murni hanya menampilkan gambar bergerak saja tapi harus membuat orang-orang memahami maksud iklan tersebut,” sambung Dicky.

Hal itu wajib dilakukan dalam pembuatan iklan berkonten mobile karena orang-orang belum tentu bisa mendengar suara dari iklan apabila mereka berada di tempat yang bising. Sama halnya dengan mereka yang sedang ada di tempat kondusif dan tidak boleh ada suara sedikit pun.

Selain itu, tampilan iklan dengan square sized atau persegi dinilai lebih efektif untuk iklan-iklan yang ditampilkan pada media sosial seperti instagram dan facebook. “Jadi agar seperti pocket television. Kalau modelnya seperti flyer dan itu memuat banyak info, bisa didesain seperti slideshow dengan squared size,” imbuh Dicky. (Mg-07)

 

BERITA REKOMENDASI