Ikut ‘Tapak Suci’, Siswa Makin Disiplin

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ada yang menarik pada kegiatan tryout bagi siswa kelas VI SD/MI di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Sleman, Minggu (10/02/2019). Dimana, siswa SMP tersebut menampilkan kemampuannya pada pentas seni untuk menghibur peserta usai mengikuti tryout.

Paling menarik ialah ketika dua siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan menampilkan kemampuannya dalam seni tapak suci. Disitu, tapak suci menjadi bagian dari kegiatan ekstra sekolah tersebut. Hasilnya, saat siswa tampil ganda mampu membuat decak kagum para penonton.

"Ikut tapak suci atau pencak silat tentu butuh kedisiplinan tinggi. Jika salah gerak atau tidak kompak tentu berakibat fatal. Namun dibalik itu semua, karakter anak makin lebih baik," ujar Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, Hj Nurhidayati SPd disela acara tryout.

Ternyata, ada banyak manfaat dengan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler khususnya tapak suci. Salah satunya siswa menjadi disiplin, tertib dan berprestasi. Menurutnya, hasil yang dicapai ialah anak menjadi mudah diatur hingga mendorong dirinya sendiri untuk menjadi juara pada kejuaraan pencak silat.

Adapun tryout diikuti sebanyak 800 peserta SD/MI dari Kecamatan Kalasan, Berbah, Ngemplak dan Depok Sleman. Tujuannya tak lain untuk membantu mempersiapkan peserta didik kelas VI dalam menghadapi ujian nasional 2019. (Adk)

BERITA REKOMENDASI