Ikuti Lomba Pokdakan CBIB, Mina Sembada Obsesi Jadi yang Terbaik

Editor: KRjogja/Gus

KELOMPOK pembudidaya ikan (Pokdakan) Mina Sembada di Dusun Tajen Godean mengikuti Lomba Pokdakan Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB) dan telah dinilai tim juri, pertengahan pekan ini. Segenap pengurus dan anggota Mina Sembada sangat berharap bisa memperoleh nilai maksimal, atau bahkan bisa menjadi juara saat pengumuman juara pada November 2020 mendatang.

“Kami masuk dalam kategori Pokdakan ber-CBIB, penilaiannya antara lain meliputi teknis budidaya yang sesuai standar CBIB, dinamika kelompok dan administrasi kelembagaan,” ungkap Ketua Mina Sembada Tajen, Suryanto saat ditemui di sela-sela acara.

Ditambahkan Surya, jumlah anggota kelompoknya saat ini ada 42 orang. Tanah yang digunakan untuk membangun kolam (jumlah 50 kolam) merupakan tanah kas desa yang awalnya tak produktif. Pernah juga untuk tanaman padi, namun lebih banyak gagal panen. Selanjutnya ada inisiatif dibuat kolam-kolam, apalagi saluran irigasinya sudah bagus. Saat musim kemarau pun air irigasi bisa mengalir dengan baik dan kulitas airnya juga bagus.

“Jenis ikan air tawar yang kami budidayakan cukup beragam, misalnya ada nila, bawal, patin, gurami dan tombro,” bebernya.

Adapun tim juri yang memberi penilaian di Mina Sembada tersebut, yaitu Suwarto, Aribowo, Aditya Pradana dan Yoga Pratama. Tampak hadir pula pejabat dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY seperti Kabid Perikanan dan Budidaya Suwarto SPi MM serta Kasi Teknis Perikanan Budidaya Aribowo SPi MEng. Usai penilaian dilaksanakan pula ramah-tamah sejenak dengan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan ada usulan dari perwakilan juri, misalnya agar bisa dibangun lokasi kuliner ataupun angkringan di dekat kompleks kolam.

BERITA REKOMENDASI