Imunisasi Dasar Tetap Wajib Diberikan di Masa Pandemi Corona

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dokter Spesialis anak RSA UGM, dr Fita Wirastuti mengatakan pemberian imunisasi dasar tetap harus dilaksanakan meski sedang dalam masa pandemi sekarang ini. Meski bisa melakukan penundaan hingga 1 bulan, namun dr Fita berharap para orangtua tetap berusaha memberikan imunisasi sesuai waktu yang seharusnya.

“Misalnya kondisi memang tidak memungkinkan, boleh ditunda maksimal satu bulan. Namun, sebisa mungkin tetap dilakukan sesuai jadwal,” ungkap dr Fita melalui siaran pers, Rabu (29/4/2020).

Vaksin atau imunisasi menurut dr Fita sangat penting diberikan terlebih untuk melindungi diri dari penyakit tertentu. Pemerintah sendiri memberikan panduan imunisasi dasar mulai bayi berusia satu bulan yakni Hepatitis B, BCG-Polio, DPT, Rotavirus hingga Campak/MR.

“Imunisasi ini sangat penting terlebih saat ini kita mudah terhubung dengan negara-negara lain di dunia. Banyak penyakit menular yang bisa tersebar dengan cepat, dan tentu ini bisa menulari siapa saja,” ungkapnya lagi.

Imunisasi menurut dr Fita juga sangat penting untuk membentuk herd immunity di masyarakat. Kekebalan bersama tersebut hanya bisa didapatkan apabila 90 persen lebih anggota masyarakat sudah menjalani imunisasi atau vaksin penyakit tertentu.

Sementara terkait kekhawatiran orangtua membawa anak ke fasilitas kesehatan, menurut dr Fita hal ini sangat wajar di masa saat ini. Namun begitu hal tersebut bisa disiasati dengan melakukan pengaturan waktu dan penjadwalan mandiri.

“Misalnya dengan membuat perjanjian agar waktu di fasilitas kesehatan bisa diminimalisir. Rumah sakit atau faskes sudah melakukan pemisahan alur pelayanan dalam masa saat ini,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI